Manado (ANTARA) - Sebanyak 69 orang mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan) mengunjungi Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado dalam rangka studi visit, Rabu.

Rombongan mahasiswa yang dipimpin Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Laksamana Pertama TNI Edi Suhardono disambut Wakil Komandan (Wadan) Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo.

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mosez Sipasulta, dalam sambutan dibacakan Aspotmar Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Rumpoko mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan tentang fungsi dan peran Lantamal VIII dalam mendukung unsur-unsur operasional di laut serta mendukung kebijakan pimpinan TNI/TNI AL.

Hal tersebut antara lain meningkatkan kesiapsiagaan mobilitas satuan operasional, meningkatkan profesionalisme prajurit dan meningkatkan kesejahteraan prajurit beserta keluarganya.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan serta wawasan yang luas sehingga dapat memberikan gambaran tentang peran instansi pemerintah dan militer dalam menjalankan strategi pencegahan dan penanggulangan ancaman di bidang keamanan serta memperkuat pertahanan negara terutama di daerah perbatasan," katanya.

Wakil Dekan Fakultas Strategi Pertahanan Laksamana Pertama TNI Edi Suhardono mengatakan dalam pelaksanaan study visit ini, mahasiswa akan menerima pengarahan dengan tema sinergisme pemerintah provinsi dan TNI Polri dalam menghadapi potensi ancaman di wilayah provinsi Sulawesi Utara.

"Kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa pasca sarjana fakultas edukatif transformatif serta memberikan suasana baru dalam bidang ilmu pertahanan negara agar semakin sempurna.

Dalam kunjungan tersebut diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya paparan tentang tugas pokok serta fungsi Lantamal VIII.

Selain ke Lantamal VIII, kunjungan para mahasiswa ke Manado, Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka Studi Visit, juga akan melakukan akan melakukan kunjungan antara lain kepada Gubernur Sulut, Kodam XIIIMerdeka, Polda Sulut dan Lanudsri.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024