Sulut, Tahuna (ANTARA) - Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten sehat 2019.

Penghargaan yang diterima Asisten Pembangunan Sangihe, Melanchton H. Wolff, karena Kabupaten Kepulauan Sangihe memperoleh nilai tertinggi sebagai Kabupaten Sehat tahun 2019.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta, Selasa.

Bupati Jabes Ezar Gaghana menyampaikan terima kasih kepada semua masyarakat Kepulaua Sangihe atas penghargaan yang diperoleh sebagai kabupaten sehat.

"Penghargaan ini akan tetap kita tingkatkan dengan menjaga kelestarian alam dan partisipasi masyarakat terhadap pemanfaatan potensi desa," kata Gaghana.

Bupati menambahkan, ada tiga desa di Kabupaten Sangihe yang memberi sokongan yang baik sehingga diperoleh kabupaten sehat yakni Kampung Hesang, Pindang, Tariang Baru.

"Kalau Hesang itu merupakan desa yang mampu mengelola pemanfaatan sampah dan memiliki bank sampah. Sementara Pindang dan Tariang Baru yakni kelestarian lingkungan,” terang Bupati.

Turut hadir, Rombongan dari Sangihe Kadis Kesehatan dr Jopy Thungari bersama Ketua Forum Kabupaten Sehat, Kapitalaung Hesang, Pindang, Tariang Baru.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024