Manado (ANTARA) - Asisten Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi BPJS Kesehatan Wilayah Sulutenggomalut dr Hendra Rompas mengatakan, jajarannya akan memaksimalkan loket yang ada di setiap kantor cabang untuk melayani peserta JKN-KIS yang hendak turun kelas.

"Pasti akan dilayani oleh petugas kami ketika akan mengubah kelas kepesertaan atau turun kelas," sebut Hendra di Manado, Senin.

Di kantor cabang Manado misalkan, di situ ada tiga loket dengan fungsi yang berbeda.

Loket satu misalkan, berfungsi untuk pengaduan, loket dua untuk perubahan data dan loket tiga untuk melayani peserta mandiri.

"Sebelum ada penyesuain iuran BPJS, loket tiga biasanya paling ramai dikunjungi. Tapi saat ini gantian ke loket dua untuk perubahan data kepesertaan," sebutnya.

Meski begitu, kata dia, apabila memang diperlukan penambahan kursi untuk melayani peserta yang akan turun kelas, termasuk personelnya, BPJS Kesehatan akan menyiapkannya.

Ke depan, kata dia, akan menjadi bahan evaluasi atau umpan balik apakah akan ada penambahan loket untuk melayani peserta turun kelas atau tidak, walaupun segala sesuatunya telah disiapkan sebagai langkah antisipasi.

BPJS-Kesehatan lanjut dia, akan terus meningkatkan pelayanan termasuk optimalisasi mitra-mitra kerja seperti puskesmas, rumah sakit hingga apotek dan instalasi farmasi, sebutnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024