Sulut, Tahuna (ANTARA) - Pelaksanaan tugas kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Golfried Pela mengatakan, sebagian besar hewan peliharaan terutama anjing di Sangihe sudah diberi vaksin anti rabies.

"Sampai saat ini, sekitar 65 persen hewan peliharaan anjing di 167 kampung dan kelurahan di Sangihe sudah diberi suntikan anti rabies," kata Golfried Pela di Tahuna, Selasa.

Menurut dia, petugas dari Bidang Peternakan terus mengunjungi rumah masyarakat yang memiliki anjing peliharaan untuk disuntik anti rabies terhadap anjing peliharaan masyarakat.

"Petugas dari bidang Peternakan terus melaksanakan penyuntikan vaksin anti rabies terhadap anjing peliharaan," kata dia.

Menurut dia, pemberian vaksin anti rabies akan dilakukan terhadap semua anjing peliharaan yang ada di kabupaten Sangihe.

"Semua anjing peliharaan yang ada di kepulauan Sangihe kami upayakan diberi suntikan anti rabies," kata dia

Upaya ini dilakukan kata dia, karena pertengahan tahun 2019 ini, Kabupaten Sangihe ditetapkan keadaan luar biasa rabies karena sudah ada beberapa orang korban meninggal akibat digigit anjing.

Dia mengatakan, pemberian suntikan vaksin anti rabies tetap diberikan kepada semua anjing yang ada di kepulauan Sangihe.

"Kami akan berusaha agar semua anjing di kepulauan Sangihe disuntik anti rabies sehingga keadaan liar biasa segera diakhiri," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024