Manado (ANTARA) - Komisi III DPRD Kota Manado, pertanyakan ketidakhadiran eksekutif dalam hal ini dua perangkat daerah pada rapat evaluasi yang sudah dijadwalkan untuk dilaksanakan Kamis siang. 

"Ada dua alasan yang disampaikan oleh bagian unit layanan pengadaan (ULP) dan dinas perhubungan Manado, sehubungan ketidakhadiran mereka di rapat yang telah dijadwalkan itu," kata Juru Bicara Komisi III DPRD Manado, Ir. Jane Sumilat, di Manado. 

Dia mengatakan, berdasarkan laporan dari staf komisi, bagian ULP Sekretariat daerah kota Manado, memberikan alasan ketidakhadiranya sebab undangan yang dikirimkan oleh Sekretariat DPRD Manado belum diterima dan dinas perhubungan beralasan belum ada dapat izin dari top eksekutif.  Juru bicara komisi III Ir. Jane Sumilat menjelaskan alasan pembatalan rapat karena ketidakhadiran bagian ULP dan dinas perhubungan. (jo) (1)
Namun politisi PDIP itu, menyesalkan jawaban dari bagian ULP karena surat undangan untuk rapat evaluasi sekaligus perkenalan tugas pokok dan fungsi dengan mitra kerja mereka itu, sudah dikirimkan sejak pekan lalu, sehingga terasa aneh jika belum diterima. 

Ibu Jane, sapaan akrabnya mengatakan, menyesalkan hal tersebut, sebab komisi III, sudah menunggu sejak pagi dan tidak ada yang beranjak atau meninggalkan ruang komisi, sebab menunggu kedatangan mitra kerjanya. 

"Seperti yang anda lihat semua kan, kami menghargai mereka dan menunggu sejak pagi sampai pukul 15.40 Wita namun mereka yang tidak hadir, seharusnya jika memang kepala dinas tak bisa datang, kan ada yang bisa mewakili apakah sekretaris dinas dan kepala-kepala bidang atau kepala sub bagian dan lainnya di bagian," katanya.  Pimpinan dan anggota komisi III menunggu mitra yang tak kunjung datang . (jo) (1)
Namun menurut Jane, karena sebagian besar dari anggota komisi III adalah wajah baru di DPRD, maka mereka terus belajar untuk mengenal karakter mitra kerjanya, dan berharap dengan komunikasi hal-hal yang tidak mengenakan atau lainnya tidak akan berkepanjangan. 

"Dalam fungsi pengawasan DPRD, kami berharap kiranya komunikasi dan koordinasi tetap berjalan, sehingga tetap saling menguntungkan, agar masukan dari DPRD sebaliknya dari pemerintah dalam hal ini mitra kerja tetap terjalin," katanya. 

Mengenai  apakah rapat tersebut akan diagendakan kembali, dia mengatakan, komisi akan merundingkan hal tersebut, yang pasti semua agenda di DPRD terutama komisi III tetap akan berjalan.***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024