Manado (ANTARA) - PT PLN Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) berkomitmen mewujudkan rasio desa berlistrik hingga 100 persen di tahun 2019.

GM PLN Suluttenggo Christyono di Manado, Jumat mengatakan PLN terus meningkatkan pelayanan dengan upaya menerangi hingga ke pelosok negeri. Di tahun 2019 ini,  terus berkomitmen mewujudkan rasio desa berlistrik 100 persen khususnya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dia mengatakan  pada awal tahun 2019 RD PLN di Sulut baru mencapai 98,8 persen dengan masih adanya 24 desa yang belum bisa menikmati listrik PLN.

Hal ini, katanya, merupakan PR yang harus segera diselesaikan oleh PLN terlebih lagi dari 24 desa tersebut ada nama-nama seperti Desa Kawio, Kawaluso dan Kakororan yang merupakan desa kategori 3T (terluar, terdepan dan tertinggal) yang wajib untuk segera PLN listriki.

Sebagai hasilnya dari 24 desa di atas, 3 desa sudah memiliki status berlistrik PLN sampai saat ini, yakni Desa Bukide, Bukide Timur dan 1 desa berlabel 3T yakni Ds Kakorotan.

Untuk desa 3T lain yakni Kawio dan Kawaluso PLN telah selesai melakukan pembangunan jaringan dan saat ini dalam proses finishing pembangunan PLTD dan siap untuk dilakukan energize dalam waktu dekat.

Dengan tambahan desa berlistrik PLN di atas, proyeksi RD PLN pada akhir tahun 2019 diperkirakan baru mencapai 98,96 persen dan belum sesuai target.

Lalu untuk 19 desa lainnya, yang merupakan desa isolated dan berada di pulau terluar, PLN sudah menyelesaikan pembangunan jaringan listrik untuk 15 desa dan 4 desa lainnya dalam proses pembangunan jaringan dan akan selesai dalam waktu dekat, namun keseluruhannya akan dapat energize setelah rampungnya pekerjaan pembangunan PLTD yang saat ini masih dalam proses pengadaan.

Untuk melistriki 19 desa di atas serta 3 desa berkategori desa 3T, PLN memang harus terus berupaya ekstra mengingat seluruh lokasinya yg berada di kepulauan dengan keterbatasan akses serta kendala cuaca yang tidak menentu.

Akan tetapi dengan semangat mengusung slogan PLN terbaik segala upaya akan terus dilakukan di sisa tahun 2019 ini untuk mewujudkan 100 persen desa berlistrik di Sulawesi Utara sehingga seluruh masyarakat di provinsi itu dapat menikmati terangnya listrik PLN.

"Semangat Hari Listrik Nasional tahun ini, mari kita wujudkan Sulut 100 persen desa berlistrik," jelasnya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024