Manado (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar media gathering dengan wartawan ekonom, mengunjungi dan belajar seni budaya serta UMKM yang mendukung sektiar pariwisata di Bandung Jawa Barat.
Kunjungan yang dipimpin Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat antara lain dilaksanakan di Saung angklung Udjo, di Bandung, Kamis.
Arbonas Hutabarat mengatakan Saung Angklung Udjo ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang didukung dengan kehadiran UMKM.
"Di tempat ini selain pengunjung disuguhkan atraksi budaya, juga dapat membeli berbagai produksi UMKM yang dihasilkan masyarakat sebagai suvenir saat akan pulang kembali,"katanya.
Ia menambahkan, setelah wisatawan melihat dan ikut belajar bersama-sama seni dan budaya, ketika akan pulang singgah untuk membeli sesuatu yang membuat mereka teringat akan kunjungan ke tempat tersebut.
"Ini merupakan suatu pengembangan pariwisata bersama dengan UMKM nya," katanya. Pengunjung ikut belajar dan bermain angklung  di Saung Angklung Udjo Bandung (foto ANTARA/jorie) (1)
Desinta Oktaviani Santika, Humas Saung Angklung Udjo mengatakan di tempat tersebut terlibat sekitar 700 orang.
"Ratusan orang tersebut baik yang terlibat dalam seni seperti pertunjukkan, pembuatan angklung, karyawan, maupun pembuatan dan penjualan suvenir, yang berasal dari masyarakat sekitar,"katanya.
Dalam seni,  juga melatih anak-anak dan melibatkan mereka dalam menyajikan pertunjukan seni kepada para pengunjung atau wisatawan.
"Anak-anak ini diberikan beasiswa dalam menunjang pendidikan mereka," katanya.
Sang Angklung Udjo tersebut juga para pengunjung bisa melihat atraksi seni yang ditampilkan para seniman di tempat itu dan bisa belajar bersama-sama untuk main angklung.
Pada saat tersebut, para wartawan media Gathering, Kepala Kantor BI Sulut Arbonas Hutabarat bersama dengan ratusan pengunjung lainnya, menyaksikan berbagai pertunjukan seni budaya.
Seperti atraksi Wayang Golek khas tanah Sunda, atraksi helaran, tari topeng, serta permainan angklung yang membawakan sejumlah lagu.
Kemudian seluruh pengunjung diajarkan bermain angklung secara singkat, selanjutnya mempraktikkan dengan membawakan sejumlah lagu.
Lagu-lagu yang dibawakan pengunjung tersebut seperti Lagu RA Kartini, ayah tercinta dan bunda.
Serta diakhir kegiatan para pengunjung berbaur bersama dengan para penari di Saung Angklung Ujo menari bersama-sama.     Suvenir yang terbuat dari bambu di Saung Angklung Udjo Bandung (foto ANTARA/jorie) (1)  
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024