Manado (ANTARA) - Berkembangnya era digital ditandai dengan semakin banyaknya masyarakat Indonesia, yang mengandalkan layanan berbasis teknologi untuk memenuhi berbagai kebutuhan mereka, salah satunya Gojek.

Sebagai perusahaan SuperApp yang memiliki 22 layanan di ekosistemnya, Gojek memiliki ratusan juta pelanggan yang telah mempercayakan berbagai kebutuhan sehari-hari untuk dilayani oleh lebih dari dua juta mitra pengemudi, ratusan ribu mitra merchant dan puluhan ribu mitra penyedia jasa lifestyle on-demand lainnya di ekosistem Gojek.

Banyak masyarakat yang belum tahu bahwa kesuksesan Gojek juga turut ditopang oleh kesigapan ratusan pegawai yang tergabung di bawah pimpinan Louise Adrina, selaku VP Customer Operations Gojek.

"Sebagai perusahaan teknologi terdepan yang diandalkan oleh jutaan masyarakat Indonesia, kenyamanan pelanggan tentunya merupakan salah satu fokus utama kami dan segala bentuk pengaduan pasti kami terima dengan baik, karena kami yakin bahwa itu merupakan bentuk kepedulian pelanggan terhadap kinerja kami, agar nantinya kami dapatmelayani dengan lebih baik lagi," kata VP Customer Operations Gojek Louise Adrina.

Dia mengatakan, Customer Service Gojek bertugas untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan layanan terbaik dengan memberikan solusi yang tat bagi pengguna layanan di seluruh Indonesia, setiap harinya selama 24 jam dan sebagai perusahaan yang rajin berinovasi demi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, proses penerimaanaduan atau masukan pun terus diperbaharui menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna.

"Sebagian masyarakat masih menganggap bahwa mengadu ke customer service pada umumnya merepotkan dan tidak membantu, itu tidak benar, di Gojek, pelanggan hanya perlu menyampaikan informasi yang terkandung di dalam halaman history yang bisa diakses cukup dengan dua kali klik," katanya.

Dia menambahkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna, pihaknya juga menyediakan jalur pelaporan di berbagai kanal yakni halaman bantuan di aplikasi, call center, dan email, bahkan jika pelanggan memahami prosedur pengaduan dengan baik, masalah-masalah tertentu, justru dapat diselesaikan oleh pelanggan itu sendiri melalui help center atau halaman bantuan pada aplikasi karena inovasi Gojek dalam hal layanan konsumen tentunya tidak akan pernah berhenti karena pengguna layanan merupakan dutabesar terbaik untuk ekosistem.

"Kami yakin pasti ada jalan untuk dapat terus mempertahankan kepuasan pelanggan setia Gojek yang telah tertanam baikselama ini, harapan kami, layanan konsumen Gojek dapat menjadi standar yang baik bagi industri on-demand." katanya.

Menurutnya langkah aman beraktivitas pada platform digital setiap harinya, Customer Service Gojek menangani beragam pertanyaan dan aduan pelanggan, selain membantu menyelesaikanpermasalahan pelanggan juga turut menjalankan peran edukasikepada pelanggan, untuk memastikan terciptanya ekosistem yang aman untuk pelanggan dapat beraktivitas, menjadi hal yang sangat penting bagi kami, inilah yang mendorong kami terus melakukan edukasi, agar pelanggan dapat memanfaatkan layanan Gojek dengan tenang untuk memenuhi kebutuhan mereka,." katanya.

Salah satu kunci utama beraktivitas dengan aman pada platform digital seperti Gojek adalah dengan melindungi akun penggunamasing-masing dari upaya pihak luar untuk masuk dan mengambil alih akun.

Berikut adalah beberapa langkah aman yang perludiketahui oleh pengguna aplikasi Gojek:

1. Cek secara berkala 'Logged In Devices' menu yang terdapat di aplikasi Gojek. Pastikan hanya perangkat yang Anda kenali yang berada di daftar tersebut. Hubungi tim Customer Center Unit Gojekapabila menemukan hal yang mencurigakan.

2. Jangan pernah memberitahukan kode verifikasi atau OTP yang dikirimkan melalui SMS kepada siapapun Kode OTP sama pentingnya dengan PIN pada akun Bank. Memberikan kode OTP, membuka akses kepada pihak lain untuk mengambil alih akun Anda. Untuk itu, Anda harus menjaga kerahasiaannya. Jangan pernah memberikan informasi tersebut, termasuk apabila diminta oleh seseorang yang mengaku karyawan maupun mitra Gojek.

3. Aktifkan PIN pada akun GoPay untuk menjaga keamanan saldo GoPay di akun anda Pastikan setiap transaksi yang anda lakukan terlindungi dengan nomor PIN, penggantin secara berkala sangat disarankan untuk meningkatkan keamanan akun anda.

4. Gunakan nomor handphone dan e-mail utama Anda yang digunakan sehari-hari, untuk akun Gojek anda nomor handphone berfungsi sebagai alat verifikasi untuk dapat masuk ke akun anda, sangat disarankan untukmencantumkan nomor HP yang sama antara di aplikasi dengan nomor handphone yang anda gunakan.

5. Pastikan setiap informasi yang anda rujuk, berasal dari kanal informasi resmi Gojek Indonesia. Khusus untuk akun media sosial, pastikan akun tersebut telah terverifikasi dan memiliki tanda atau icon verified.

Gojek menyediakan kanal informasi resmi antara lain:
Halaman Bantuan atau Help pada aplikasi Gojek
Email: customerservice@gojek.com
Call Center: 021 - 5084 9000
Twitter: @gojekindonesia atau www.twitter.com/gojekindonesia
Facebook: www.facebook.com/gojekindonesia
Selain informasi yang tercantum diatas, pengguna harap lebih waspada dan segera melapor ke kanal resmi apabila
diperlukan.



Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024