Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - 97 hukum tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), hasil pemilihan serentak yang dilaksanakan September lalu, dipastikan akan dilantik pada Senin (14/10), di Sport Hall Kantor Bupati, di Ratahan.
Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mitra Boyke Akay, pihaknya telah menyampaikan perihal pelantikan tersebut kepada para Kumtua terpilih, pada akhir pekan lalu.
"Pemberitahuannya kami menyurat ke tiap-tiap pemerintah kecamatan. Selanjutnya untuk menghadirkan para cakum terpilih," ujarnya di Ratahan, Minggu.
Ia menambahkan pelantikan tersebut sudah termasuk Desa Tolombukan Barat Kecamatan yang pemenangnya baru ditentukan pekan lalu melalui uji kompotensi. 
"97 desa ini sudah termasuk Desa Tolombukan Barat yang baru selesai proses pemilihannya pekan lalu" katanya.
Lebih lanjut Boyke mengungkapkan, pelantikan tersebut rencananya akan dipimpin langsung Bupati James Sumendap.
Sementara itu terkait, informasi adanya oknum cakum terpilih yang dituding mempunyai perbedaan data tidak sesuai KK dan Ijasah, dan lolos dalam pemilihan, menurut akan akan dicek oleh pihaknya.
"Untuk informasi ini, nanti akan dicek terlebih dahulu. Karena kan semua berkas sudah melalui tahapan verifikasi sebelumnnya. Kenapa baru sekarang adanya informasi ini. Apalagi kan disetiap desa sudah ada panitia yang mengurus Pilhut ini. Dan semua Cakum yang bakal dilantik nanti, telah dinyatakan layak dan memenuhi syarat," jelasnya.
Ia pastikan akan mencari informasi pasti terkait dengan adanya laporan tersebut dengan berkoordinasi dengan panitia di desa.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024