Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), memastikan ternak babi yang ada di wilayah tersebut masih aman dari virus African Swine Fever (ASF).

"Sampai saat ini untuk ternak babi di Mitra dari virus ASF," kata Kepala Dinas Pertanian Mitra, Petrus Worang di Ratahan, Jumat.

Kendati demikian dikatakannya, pihaknya tetap akan melakukan upaya pencegahan yang diperlukan agar virus tersebut tidak menyebar hingga ke Mitra.

“Sejauh ini kami belum menerima laporan terkait adanya ternak mati karena terserang virus tersebut. Namun tenaga vaksinator kami terus melakukan vaksinasi untuk hewan ternak di wilayah kami,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, selain melaksanakan vaksinasi di lapangan, pihaknya juga melakukan pendataan terkait jumlah ternak untuk mempermudah pengawasan.

“Untuk saat ini, satu-satunya cara mengantisipasi agar virus ini tidak menyebar ke ternak babi di Mitra maka perlu dilakukan sanitasi lingkungan, salah satunya dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” jelasnya.

Petrus juga mengimbau para peternak, agar segera melaporkan ke pihaknya jika didapati kasus kematian ternak yang tidak diketahui penyebabnya.

"Jika ada peternak yang mendapati hewan peliharaannya (babi), mati mendadak segera menghubungi pemerintah setempat untuk dikoordinasikan dinas pertanian," tandasnya.
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024