Manado (ANTARA) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian Dr Ngakan Timur Antara mengatakan mendorong peningkatan kinerja Balai Riset dan Standardisasi (Baristand) dalam meningkatkan Industri di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sehingga kunjungan kerja kali ini, saya rasa sangat penting dan strategis untuk dilakukan, demi peningkatan kinerja serta dampak bagi perekonomian daerah," kata Ngakan di Manado, Jumat.

Ngakan mengatakan pertemuan bersama seluruh pegawai Baristand Industri Manado sekaligus memberi arahan tentang peningkatan kinerja penelitian dan kontribusinya bagi pengembangan industri di Provinsi Sulut dan sekitarnya serta peningkatan kinerja pelayanan publik.

Dia mengatakan apalagi, ada pembangunan Gedung Fasilitas Litbang, Laboratorium, dan Pelayanan Publik Baristand Industri Manado yang baru. 

Kunjungan kerja ini dimaksudkan untuk melihat dan mendapatkan informasi secara langsung sudah sejauh mana pembangunan tahap kedua Baristand Industri Manado berjalan. 

Proyek pembangunan yang telah dimulai sejak tahun 2018 ini, berlokasi di Kelurahan Paniki Dua, Kota Manado dan memiliki luas total 7500 m2 serta merupakan salah satu proyek prioritas nasional dari Kementerian Perindustrian.

Baristand Industri Manado merupakan salah satu Unit Pelayanan Teknis Kementerian Perindustrian yang memiliki tugas melakukan kegiatan penelitian dan standarisasi di bidang industri. 

Kegiatan penelitian yang dilakukan berfokus pada industri pengolahan kelapa dan palma lainnya. 

Salah satu hasil penelitian unggulan yang dimiliki Baristand Industri Manado adalah pengembangan produk Virgin Coconut Oil (VCO) dan turunannya menjadi bahan sediaan industri farmasi dan kosmetik.
Beberapa produk yang telah dihasilkan diantaranya Ekstrak Senyawa Fenolik sebagai Antioksidan dan Antifotooksidan, Non Diary Creamer dari VCO, dan Sabun VCO. 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024