Manado (ANTARA) - Atraksi "flypass" pesawat tempur F-16 TNI Angkatan Udara memeriahkan penutupan kegiatan Pelangi Nusantara, di Manado, Sulawesi Utara, Jumat.

Atraksi enam pesawat F-16 dengan memperagakan berbagai formasi di udara, yang melewati panggung kehormatan penutupan Pelangi Nusantara menjadi daya tarik bagi masyarakat yang memadati lokasi pelaksanaan di kawasan Pohon Kasih Megamas Manado.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dalam sambutan yang dibacakan Aspotdirga Kasau Marsda TNI M Nazirsyah, mengatakan, seluruh rangkaian kegiatan Pelangi Nusantara telah berjalan dengan aman dan lancar.

Antusias masyarakat manado begitu tinggi, mulai dari menghadiri, berinteraksi, bersosialisasi bahkan ikut berkontribusi secara aktif dalam mensukseskan seluruh kegiatan Pelangi Nusantara TNI AU.

"Hasil yang memuaskan dan sesuai harapan kita bersama," katanya. Dengan demikian tujuan dari kegiatan ini sudah tercapai, yaitu semakin mendekatkan dan mempererat hubungan dengan rakyat.

Berbagai kegiatan dilaksanakan selama Pelangi Nusantara berlangsung dari 18-27 September 2019 seperti Dirgantara Ekspo, seminar nasional sosialisasi Bela Negara, flypass pesawat TNI AU, Kejuaraan Nasional Terjun Payung Pra PON XX dan demo olahraga dirgantara.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam Pelangi Nusantara menjadi sarana edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda. Sekaligus sarana wisata dan media hiburan bagi masyarakat Kota Manado dan sekitarnya.

"Bagi TNI AU kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud pertanggungjawaban yang kami berikan dengan menampilkan beberapa alat utama sistem senjata Angkatan Udara kepada rakyat Indonesia," katanya.

Ia menambahkan kegiatan ini tidak lain bertujuan agar rakyat semakin mengetahui fasilitas-fasilitas milik rakyat Indonesia yang digunakan untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Hadir pada acara itu antara lain Asisten I Pemerintahan Provinsi Sulut Edison Humiang, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, dan Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024