Manado (ANTARA) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) melakukan Program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) atau Operasi Pasar Beras Medium di wilayah perbatasan daerah.

"Pertama kami melakukan KPSH di salah satu kabupaten perbatasan Sulut dengan Filipina yakni Kabupaten Kepulauan Sangihe," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Sopran Kenedi di Manado, Rabu.

Sopran mengatakan di wilayah kepulauan memang menjadi salah satu prioritas karena kondisi ke wilayah perbatasan tersebut cukup jauh dari Kota Manado.

"Apalagi, jika kondisi laut yang bergelombang tinggi, kapal tidak bisa melaut," katanya.

Operasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan di daerah tersebut dengan cepat dan operasi  juga dilakukan bagi masyarakat kepulauan.

Perum Bulog Divre Sulut dam Gorontalo hari ini juga mulai melaksanakan KPSH atau Operasi Pasar Beras Medium dan bahan pangan lainnya secara masif di beberapa pasar di Sulawesi Utara.

Bulog secara rutin melakukan operasi menjelang hingga Natal dan Tahun baru 2020 karena beberapa komoditi beras pasokan sudah mulai berkurang seiring dengan semakin berkurangnya panen di tingkat petani produsen.

Selain beras medium, katanya, juga beras premium, gula pasir, terigu, telur, dan minyak goreng juga dijual dalam pasar murah tersebut.

Dia menjelaskan harga Operasi Pasar yakni Beras Medium curah Rp8500/kg, beras medium per 5 kg Rp45.000, beras premium Rp214.000 per 30 kg, beras premium Rp108.000 per 10 kg, beras premium Rp55.000 per 5 kg, gula pasir kemasan Gula Manis Kita Rp12.500 per kg, terigu Rp8.500 per kg, minyak goreng Rp12.500 per liter, dan telur ayam Rp46.000 per baki isi 30 butir.*

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024