Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) bersama PT Daya Adicipta Wisesa (DAW) Honda mengedukasi para pekerja tentang pentingnya  keselamatan berkendara.

"BPJSTK bukan hanya memberikan jaminan sosial bagi para pekerja, dan meningkatkan kepesertaan, namun ikut ambil bagian dalam pencegahan terjadinya risiko kecelakaan kerja," kata Kepala BPJSTK Hendrayanto di Manado, Sabtu.

Dia mengatakan secara nasional angka kecelakaan kendaraan bermotor roda dua cukup tinggi, dan banyak dialami juga oleh peserta BPJS ketenagakerjaan (BPJS TK). 

Karena itu, katanya, seluruh cabang BPJS TK, termasuk BPJS TK Cabang Manado bekerja sama dengan DAW melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan terjadinya risiko kecelakaan kerja.

Kepala BPJS TK Cabang Manado Hendrayanto mengatakan edukasi ini safety riding sangat diperlukan agar pekerja yang menggunakan kendaraan roda dua lebih peduli dan lebih berhati-hati. 

Menurutnya, perlu juga diketahui setiap fungsi dan penggunaan instrumen keselamatan berkendara.

“Alat-alat seperti helm, jaket, dan beberapa lainnya kalau kita tidak tahu cara penggunaannya sama saja tidak ada gunanya,” ujar Hendaryanto.

Perlindungan bagi pekerja, kata Hendaryanto itu penting terutama pekerja yang berisiko tinggi. 

"BPJS TK memiliki jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Saya senang peserta legiatan pada hari ini sudah tercatat sebagai peserta BPJS TK,” tambah Hendaryanto.

Dia juga mengatakan edukasi ini akan dilakukan rutin pada tahun berikutnya. Di satu sisi dia menerangkan juga masyarakat sering berstigma negatif dengan BPJS TK yang disamakan dengan sejumlah perusahaan asuransi.

“Ini yang perlu masyarakat ketahui bahwa kami memiliki perbedaan yang cukup besar dengan perusahaan asuransi. Apalagi iuran kami kecil sekali dan memiliki banyak manfaat,” ungkap Hendaryanto.

Erland Tri Gustianto, PIC Safety Riding DAW mengatakan Honda merupakan pelopor keselamatan berkendara secara kontinyu memberikan edukasi dan pelatihan mengenai safety riding kepada para komunitas Honda di bawah naungannya.

DAW menggelar pelatihan safety riding advisor kepada para tenaga kerja sejumlah perusahaan di Sulut.

DAW memberikan sosialisasi safety riding dengan tema #Cari_Aman, Cari Selamat, Cari Sehat.

DAW tidak hanya mementingkan penjualan Sepeda Motor Honda semata tetapi juga peduli terhadap konsumen dan masyarakat.

"Oleh karena itu kami secara rutin mengadakan edukasi dan pelatihan mengenai keselamatan berkendara," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024