Manado (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Manado melakukan aksi promotif dan preventif dalam melindungi para pekerja di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Tidak hanya menyelenggarakan Program Jaminan Sosial dalam bentuk pemberian santunan dan jaminan kepada pesertanya. BPJS Ketenagakerjaan juga turut melakukan aksi preventif sekaligus promotif," kata Kepala BPJSTK Manado Hendrayanto di Manado, Sabtu.

Kegiatan yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) Cabang Manado melibatkan puluhan pekerja di Manado, khususnya yang membawa roda dua, dengan memberikan bantuan rompi dan helm.

Kepala BPJS-TK Manado, Hendrayanto disaksikan Kepala Disnaker Provinsi Sulut, Ir Erny Tumundo dan Kadisnaker Kota Manado menyerahkan simbolis helm dan rompi tanda dimulainya program edukasi itu.


"Kota Manado merupakan 'pilot project' program preventif dan promotif ini. Harapan kita ke depan bisa dilakukan di seluruh kabupaten kota, di Sulut," kata Hendrayanto.

Menurutnya, edukasi itu diberikan sebagai tanggungjawab BPJS-TK dalam memberi perlindungan menyeluruh bagi peserta jaminan sosial.


"Tak dapat dipungkiri kecelakaan kerja juga bisa terjadi pada saat di perjalanan menuju tempat kerja dan sebaliknya," katanya.

Diharapkan, puluhan pekerja yang jadi peserta program itu bisa meneruskan informasi berharga itu kepada rekan lainnya.

Kadisnaker Provinsi Sulut, Erny Tumundo berterima kasih pada kepedulian BPJS-TK dalam memberi perlindungan menyeluruh kepada pekerja.

"Semoga hal serupa bisa diterapkan di 15 kabupaten kota yang ada di Sulut," kata Erny.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024