Manado (ANTARA) - TNI Angkatan Udara menggelar berbagai kegiatan pada pelaksanaan Pelangi Nusantara yang dilaksanakan di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) 18-27 September 2019.

Ketua Pelaksana Pelangi Nusantara Marsma TNI T Sembiring Meliala, Rabu di Manado, mengatakan, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan antara lain seminar nasional dengan tema "Pengelolaan wilayah udara untuk kepentingan dan pertahanan dan perekonomian nasional".

Seminar ini akan diikuti pejabat TNI/Polri, pejabat Pemprov Sulut, kota dan kabupaten, rektorat serta mahasiswa. Kemudian ceramah Bela Negara yang diikuti para mahasiwa, pelajar SMA,SMK dan organisasi kepemudaan se-Kota Manado.

Kegiatan lainnya ialah pameran dirgantara dengan menyajikan berbagai macam kegiatan seperti video dan foto serta miniatur alutsista TNI AU dan berbagai peralatan olah raga dirgantara.

Pameran alutsista TNI Angkatan Udara berupa pesawat tempur dan helikopter di Apron Lanud Sam Ratulangi, joy flight dengan menggunakan pesawat TNI AU.

Pelangi Nusantara juga akan menggelar kegiatan olah raga dirgantara para motor dan terjun payung yang merupakan kejuaraan Pra PON ke-20, kata Meliala.

Selain itu juga ada bakti sosial berupa pengobatan umum, pembagian paket sembako sebanyak 150 paket bagi masyarakat di Pulau Miangas yang sudah dilaksanakan pada 23 Agustus 2019.

Ia mengatakan, kegiatan Pelangi Nusantara merupakan program kerja Potdirga tahun anggaran 2019 yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulut dalam rangka ikut serta mensukseskan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat.

"Kegiatan Pelangi Nusantara 2019 merupakan ajang promosi TNI AU kepada masyarakat guna menjaring generasi muda Indonesia yang berminat menjadi Prajurit TNI AU melalui beberapa jenjang pengabdian, di antaranya pendidikan Akademi Angkatan Udara, Bintara dan Tamtama serta juga melalui perwira prajurit karir yang dilaksanakan oleh Mabes TNI," katanya.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024