Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Minahasa Tenggara (Mitra), memastikan seluruh anak di daerah tersebut telah mendapatkan vitamin A dengan mengunjungi ke rumah masyarakat.
"Untuk memastikan seluruh anak di Minahasa Tenggara sudah mendapatkan vitamin A, maka petugas kami dari Puskesmas akan turun ke rumah-rumah," kata Kepala Dinkes Mitra Helni Ratuliu di Ratahan, Selasa.


Ia mengakui program pelaksanaan pemberian vitamin tersebut dilaksanakan pihaknya pada bulan Agustus lalu, namun masih ada sejumlah anak yang belum mendapatkannya.

"Memang masih ada juga yang belum dapat kalau di lihat dari total jumlah anak di Mitra. Makanya untuk memastikan agar semau bisa mendapatkan asupan tersebut maka kami akan sweeping," jelasnya.

Helni memaparkan, pemberian vitamin A dimaksudkan guna memberikan asupan lebih untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi dan balita.

"Manfaat Vitamin A ini sangat penting bagi perkembangan bayi dan anak, khususnya untuk kesehatan mata mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk usia enam hingga sebelas bulan, maka diberikan vitamin A dengan dosis 100 ribu IU yang ditandai dengan warna biru. 

"Sedangkan usia satu hingga lima tahun diberikan dengan dosis 200 ribu IU yang ditandai dengan warna merah," jelasnya.

Pemberian vitamin  A tersebut khusus diberikan kepada anak rentang usia 6-59 bulan.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024