Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mendorong Bank Perkreditan Rakyat (BPR) terus menggerakkan perekonomian setempat melalui pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Sejak awal dibentuk, tugas BPR memang untuk memberikan pembiayaan dan meningkatkan UMKM hingga pelosok desa agar bisa berkembang," kata Olly di Manado, Selasa.

Olly mengatakan sektor jasa keuangan khususnya BPR/BPRS dapat semakin berperan dalam menggairahkan kegiatan ekonomi daerah dengan menyalurkan kredit ke masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu, Olly mengaku akan melobi pihak perbankan agar dapat memberikan kesempatan lebih besar kepada BPR-BPRS untuk mengelola kredit mikro atau pinjaman yang nilainya di bawah Rp25 juta.

Olly juga mengapresiasi kinerja BPR-BPRS di Sulut yang mampu mempertahankan eksistensinya hingga kini di tengah ketatnya persaingan antarbank.

“Peran BPR di tengah masyarakat Sulut sudah sangat baik dan sampai hari saya belum mendengar BPR di Sulut mengalami kesulitan beroperasi,” ucap Olly.

Hal itu artinya bahwa para pengurus BPR benar-benar melaksanakan tugasa dan tanggung jawabnya dan satu tanda lebih baik bahwa ekonomi di Sulut berjalan dengan baik.

Pemerintah berkomitmen untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sehingga BPR juga dalam menjalankan usahanya ikut melakukan hal yang sama karena wilayah operasional dan keberadaan BPR hingga ke desa-desa sangat strategis untuk mendukung pengembangan wilayah pinggiran.

BPRu, katanya, sangat dekat dengan nasabahnya sehingga harus mengenal betul nasabahnya agar program bisa berjalan.

Olly juga menerangkan bahwa perekonomian Sulut semakin baik karena didukung dengan berkurangnya tingkat kemiskinan dan pengangguran.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024