Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melibatkan masyarakat untuk ikut melestarikan kawasan pesisir pantai, yang ada di Kecamatan Ratatotok, Belang, dan Posumaen.
"Kami akan melibatkan peran dari masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kawasan pesisir di wilayah Mitra," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mitra Vicky Monigir di Ratahan.
 Dia mengatakan keterlibatan masyarakat tersebut sangat diharapkan untuk mencegah kerusakan kawasan pantai di daerah tersebut.
 "Dengan adanya keterlibatan dari masyarakat ini, dapat mencegah terjadinya kerusakan kehidupan pesisir pantai di daerah kita," kata Vicky
Ia menambahkan, saat ini masih kurangnya kesadaran dari warga yang masih membuang sampah di laut, turut memperparah kerusakan.
"Saat ini memang masih banyak yang didapati sampah yang berserakan di pantai. Ini yang kami minta agar tidak lagi membuang sampahnya ke laut," katanya.
Sementara itu pengawasan kawasan perairan di Kabupaten Mitra saat ini selain dilakukan oleh pihak dinas menurutnya dibantu aparat keamanan.
"Dalam pengawasan perairan kami dibantu oleh TNI Angkatan Laut, dan Polairud dari Polres dimana mereka saat ini sudah menyiagakan pos penjagaan," tandasnya.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024