Manado (ANTARA) - Kepala Seksi Observasi Dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror
meminta warga mewaspadai tinggi gelombang 2,5 meter di sejumlah perairan Sulawesi Utara (Sulut), Senin.

"Tinggi gelombang dengan kategori moderate 1,25-2,5 meter ini berpeluang terjadi di perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, perairan timur laut Bitung, Laut Maluku dan sebelah selatan Sulut," sebut Ricky di Manado.

Kapal nelayan, kapal tongkang, kapal ferry serta kapal kargo atau kapal pesiar diharapkan memperhatikan risiko tinggi ketika melakukan pelayaran.

"Kami mengimbau masyarakat atau kapal-kapal yang melakukan aktivitas di perairan yang masuk dalam rekomendasi peringatan dini memperhatikan kondisi tersebut," ajaknya.

Tak hanya tinggi gelombang, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini angin kencang yang diperkirakan berlangsung hingga pukul 11.00 WITA.

Kondisi seperti ini diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado (seluruh wilayah), Kota Bitung (seluruh wilayah), Kota Tomohon (seluruh wilayah), Kabupaten Minahasa Utara (seluruh wilayah), Kabupaten Minahasa (seluruh wilayah), serta Kabupaten Minahasa Tenggara (seluruh wilayah).

Selanjutnya, Kabupaten Kepulauan Sitaro (seluruh wilayah), Kabupaten Kepulauan Sangihe (seluruh wilayah), dan Kabupaten Kepulauan Talaud (seluruh wilayah).

Potensi angin kencang ini dapat meluas ke wilayah Kabupaten Minahasa Selatan (bagian utara), Kabupaten Bolaang Mongondow (bagian utara), Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (bagian utara), Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (bagian selatan), dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (bagian selatan).
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024