Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan  Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengajak seluruh pemerintah desa (Pemdes) lebih aktif mensosialisasikan bersih lingkungan kepada masyarakat.
"Kami meminta ada perhatian dari pemerintah desa untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan khususnya di kawasan pemukiman," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Mitra, Helni Ratuliu di Ratahan.
Ia mengakui, dalam penelusuran di lapangan pihaknya mendapati kasus sejumlah penyakit diakibatkan lingkungan kurang sehat.
"Dari tinjauan kami di lapangan, penyebab penyakit seperti demam berdarah menyebar karena lingkungan pemukiman yang tidak bersih," katanya.
Dia mencontohkan, sanitasi yang tidak baik akan berpotensi berkembangnya nyamuk penyebab penyakit seperti demam berdarah.
 "Seperti sanitasi di sejumlah desa yang kotor dan tergenang air itu menjadi berkembangnya nyamuk penyebaran penyakit," jelasnya.
Lebih lanjut kata Helni, keterlibatan Pemdes akan sangat membantu pihaknya mengendalikan penyebaran penyakit di kawasan pemukiman.
"Jika pemerintah desa sadar akan kebersihan lingkungan maka potensi penyakit dapat diminimalisir," tandasnya.
Sejumlah hal yang wajib disosialisasikan Pemdes yakni stop BAB sembarangan, cuci tangan dengan sabun, air minum, makanan, dan sampah rumah tangga, serta pengelolaan sampah cair. ***3*** 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024