Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Gotlieb Mamahit mengungkapkan,  arang tempurung dari Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di ekspor ke sejumlah negara di kawasan Asia Timur.

"Saat ini arang tempurung yang diproduksi oleh pelaku usaha di Kabupaten Minahasa Tenggara mulai diminati, bahkan sampai diekspor ke kawasan Asia Timur, seperti Tiongkok, Korean, dan Jepang," ujarnya di Ratahan, Selasa.

 Dia mengungkapkan, adanya permintaan ekspor tersebut membuktikan kualitas arang tempurung asal Minahasa Tenggara berkualitas.

"Arang tempurung dari Minahasa Tenggara ini sudah mempunyai kualitas yang sangat baik sehingga diminati oleh negara-negara tersebut," katanya.

Marie berharap kualitas arang tempurung yang diproduksi oleh para pelaku usaha agar dapat menjaga kualitas hasil produksinya.
"Kami pun mengimbau agar para produsen arang tempurung tetap menjaga kualitas hasil produksinya sehingga permintaan ekspor tetap terjaga," tandasnya.
Sementara Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Minahasa Tenggara Hersi Tuuk mengakui, arang tempurung merupakan produk turunan kelapa yang menjadi produk ekspor daerah. 

"Ini menjadi salah satu produk andalan daerah yang diekspor oleh para pelaku usaha di Minahasa Tenggara, dan ini menjadi produk andalan daerah," katanya.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024