Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara Helni Ratuliu mengatakan pihaknya memastikan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) akan memiliki fasilitas rawat inap. 
"Tahun ini kita sudah siapkan anggaran untuk adanya peningkatan fasilitas dan pelayanan kesehatan untuk Puskesmas, di mana sudah bisa rawat inap," kata Helni, di Ratahan.
Dia menuturkan seluruh Puskesmas yang ada di 12 Kecamatan tersebut, dipastikannya sudah memiliki fasilitas untuk rawat inap.
"Meski belum langsung ke semuanya tapi kami lakukan bertahap. Namun dipastikan semua Puskesmas di Minahasa Tenggara nantinya bisa rawat inap," jelasnya.
Ia mengatakan, selain itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Minahasa Tenggara, saat ini pihak Pemkab mulai menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
     "Ini RSUD tipe C, yang pembangunannya melalui Dana Alokasi Khusus sebesar hampir Rp 30 miliar. Ini juga akan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan," katanya.
Dia pun menjamin untuk tahun ini pelayanan kesehatan di Kabupaten Minahasa Tenggara akan lebih maksimal.
"Dengan dukungan sarana-sarana ini, maka pelayanan kesehatan akan lebih maksimal," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024