Manado (ANTARA) - Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang diperkirakan terjadi di sejumlah perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya.

"Kami berharap nelayan yang menggunakan kapal berukuran kecil ataupun transportasi laut antarpulau mewaspadai gelombang setinggi 2,5-4,0 meter," kata  Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung Ricky D Aror di Manado, Sabtu..

Peringatan dini gelombang tinggi tersebut diperkirakan terjadi di wilayah perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan Kabupaten Kepulauan Perairan, bagian Timur Bitung dan Laut Maluku bagian Utara.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yang berpeluang terjadi di Laut Sulawesi, perairan Kalimantan Utara, perairan Bitung dan Likupang, perairan Selatan Sulut, dan Laut Maluku bagian Selatan.


"Kami berharap warga yang melakukan aktivitas di wilayah perairan yang masuk dalam rekomendasi peringatan dini berhati-hati," ajak Ricky.

Selain itu, BMKG juga memperkirakan cuaca di seluruh wilayah Sulut berawan.

Wilayah tersebut yaitu Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, serta Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Kecepatan angin permukaan yang bertiup dari selatan berkecepatan antara 10-20 kilometer per jam," tambah Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Sam Ratulangi Manado Carisz Kainama.***3***

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024