Tomohon (ANTARA) - Perwakilan "Goyang International Flower Foundation" (GIFF) menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon, Sulawesi Utara, di bidang investasi, pertanian, serta kepariwisataan, kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Tomohon John ES Kapoh, Kamis.

"Wali Kota menyambut baik gagasan dari perwakilan GIFF untuk menjadikan Tomohon semakin maju pesat dalam bidang investasi, pertanian dan kepariwisataan," kata Kapoh di Tomohon.

Pada pertemuan yang dihadiri Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman serta pejabat lainnya, kata dia, hal-hal yang dibahas berkaitan dengan kepesertaan Kota Tomohon dalam "International Horticulture Goyang Korea" 2019.

"Apakah Kota Tomohon akan ikut serta dalam bentuk mengirimkan tanaman atau ikut serta dalam pembuatan float," ujarnya.

Ikut juga dibahas tentang rencana mendatangkan tenaga ahli dari Kota Tomohon ke Korea serta pendanaan dalam keikutsertaan dan biaya perjalanan tenaga ahli.

"Diusulkan juga Kota Tomohon membuat Tourism Bureau atau Tourism Office sebagai perwakilan dari Kota Tomohon di Korea.

Tugas dari Tourism Bureau itu adalah untuk mempromosikan pariwisata Kota Tomohon di Korea," katanya.

Miss Park Hae Ri dan Mr. Kim In Chul, perwakilan GIFF, kata dia, berencana mendatangkan investor ke Kota Tomohon yang bisa membantu membangun infrastruktur pariwisata dan mempromosikan pariwisata ke negara-negara di Asia.

"Mereka meminta Wali Kota untuk mempertimbangkan rencana tersebut dan jika rencananya terealisasi mereka meminta kemudahan di antaranya bebas sewa lahan dan pengurangan pajak," ujarnya.

Kapoh menambahkan, untuk kepentingan presentasi kepada investor, perwakilan GIFF meminta data profil Kota Tomohon untuk disampaikan kepada investor.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024