Manado (ANTARA) - Tim Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) meraih juara dua umum pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda seri I tahun 2019 di Gelanggang Pacuan Kuda Tegalweton Salatiga, Minggu.

Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry Wowor didampingi Ketua Harian James Waani, mengatakan babak final kejurnas seri I tahun 2019 yang bertajuk "Derby Indonesia 2019" dan dilaksanakan di Gelanggang pacuan kuda Tegalwaton berlangsung begitu ketat.

"Persaingannya ketat dan saling mengalahkan sesama tim-tim Pordasi elit seperti Jabar, Sulut, Jateng, Jatim dan Sumbar," katanya.

Ia mengatakan dari 180 total poin yang diperebutkan di babak final Kejurnas pacuan kuda seri I ini, Tim Pordasi Sulut yang menurunkan lima belas

kuda pacu pada enam kelas dari delapan kelas yang dipertandingkan sukses mengumpulkan 41 poin dan tampil sebagai juara dua umum. "Sedangkan untuk juara umum pertama diraih tim Pordasi Jabar dengan 64,5 poin dan Jateng juara tiga umum dengan 38 poin,"katanya.

Ia mengatakan hasil kejurnas ini sangat memuaskan bagi tim Pordasi Sulut.

"Hasil final ini bagi tim Pordasi Sulut sudah optimal. Pengurus dan anggota tim puas atas raihan juara dua umum, karena pada kejurnas pacuan kuda seri I tahun 2018 lalu, Tim Pordasi Sulut hanya menduduki juara 3 umum dibawah Jateng dan Jabar,"katanya.

Ia mengatakan memang sebelum tim Pordasi Sulut berangkat ke Salatigia pada awal Mei lalu, materi kuda pacu sangat baik dan berpeluang meraih juara umum.

Tetapi ada beberapa faktor nonteknis yang sangat mempengaruhi seperti di babak penyisihan yang lalu.

"Pada waktu barrier draw babak penyisihan lalu ada beberapa kuda seperti Elektra dan Kamasilan yang menjadi unggulan tim Pordasi Sulut harus naik kelas. Ditambah lagi ada kuda pacu yang cedera serta joki jatuh pada babak penyisihan sehingga tidak lolos di babak final," katanya.

Ia menambahkan padahal kuda pacu tersebut telah ditargetkan menyumbang poin bagi tim Pordasi Sulut di babak final pada hari ini.

Hasil lengkap Kejurnas Pacuan Kuda Seri I "Indonesia Deby"2019 masing-masing Kelas 2 Tahun Pemula C/D 1.200 Meter (M) juara pertama kuda.

Merdeka Jatim dari Jatim joki Inul pelatih Berty Sondakh pemilik H. Mochammad Ru'i dari Bintang Madura Stable diikuti kuda Permata Nagari dari Sulut joki F. Sangian pelatih Mario Bahar pemilik Robby Dondokambey dari Bendang Stable dan kuda Atalanta Queen dari Sumbar joki Y. Sondakh pelatih Kusno B pemilik M. Ikhlas dari Aira Stable.

Kelas THB INA 2 Tahun 1.400 M juara pertama kuda Hero Eclipse dari Jateng joki M. Soleran pelatih R. Soleran pemilik Iman Hartono dari Eclipse Stable, dikuti kuda War Senator dari Jabar joki H. Suoth pelatih Karlan pemilik Kusnadi Halim dari King Halim Stable dan kuda Dancing Fox dari Jateng joki F. Turangan pelatih A. Paendong pemilik Suryo Luhur Hidayat dari Metro Stable.

Kelas 2 Tahun Pemula A/B 1.400 M juara pertama kuda Calgara dari Sulut joki Y. Sondakh pelatih Kusno B. pemilik Haki dari Argomulyo Stable disusul kuda Panco dari Jabar joki S. Deddy pelatih Karina Saddak pemilik Karina dan Karissa Saddak dari Aragon Stable serta kuda Cahaya Sion dari Sulut joki H. Paendong pelatih Herdy Rori pemilik Royke O. Roring dari Prima Sion Stable.

Kelas 4 Tahun C/D 1.600 M juara pertama kuda Pariwangi dari Sulut joki Y. Sondakh pelatih Kusno B pemilik Haki dari Argomulyo Stable disusul kuda Angel Eclipse dari Jateng joki M. Soleran pelatih R Soleran pemilik Iman Hartono dari -Eclipse Stable dan kuda Besse Dona dari DKI Jakarta joki R. Rorimpandey pelatih G. Mulyana pemilik Ahmad Huraira Nurhani dari Cienggang Stable.

Kelas 3 Tahun Remaja 1.600 M juara pertama kuda Oduscha Eclipse dari Jateng joki M. Soleran pelatih R. Soleran pemilik Iman Hartono dar Eclipse Stable disusul kuda Alana dari Sulut joki H. Paendong pelatih Herdy Rori pemilik Edwin Silangen dari Prima Sion Stable dan kuda Marawa Sumbar dari Sumbar joki Ade S. Herman pemilik H. Aidil Azwar dari Nikita Stable.

Kelas THB INA 3 Tahun keatas 1.600 M juara pertama kuda La Liga dari Jabar joki J. Septian pelatih Karina Saddak pemilik Karina dan Karissa Saddak dari Aragon Stable disusul kuda Rahmadnia Gold dari Jabar joki V. Wongkar pelatih H. F. Saddak pemilik Imam Riyadi dari Winoto Stable dan kuda Calluela dari Jabar joki G. Prayoga pelatih Danni Saddak pemilik Karina dan Karissa Saddak dari Aragon Stable.

Kelas 3 Tahun Derby 2.000 M juara pertama kuda Cinderella Jatim dari Jabar joki H. Suoth pelatih Karlan pemilik Cheng Kwo Kway dari King Halim Stable diikuti kuda Queen Thalasa dari Jabar joki J. Runtu pelatih Karlan pemilik Cheng Kwo Kway dari King Halim Stable dan kuda Grand Mayyora dari Jatim joki A. Trisna pelatih Himawan pemilik H. Warleiyono dari Mayyora Stable.

Kelas 4 Tahun A/B 2.000 M juara pertama kuda King Fisal dari Jatim joki Yunan Faruk pelatih Fisal Stable diikuti kuda Vaux's Legend dari Jateng joki T. Pantow pelatih Karsono pemilik Jenny Erya dari Janendra Stable dan kuda Elektra dari Sulut joki R. Rorimpandey pelatih R. Ratu pemili Royke O Roring dari Minahasa Blessing Stable.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024