Manado (ANTARA) - KRI Dewaruci, berlabuh di teluk Manado, pada Kamisi dan akan memeriahkan upacara pembukaan Manado Fiesta 2019 bersama Armada kapal lainnya. 

"KRI Dewaruci akan menjadi di isi acara pembukaan pada Manado Fiesta 2009 dan menjadi yang paling menonjol karena merupakan kapal legendaris milik negara kita," kata Kabag Humas Manado, Soni Takumansang, di Manado. 

Dia mengataka, KRI Dewaruci akan mengisi acara pembukaan pada 27 Juli nanti, dalam acara sailing pass setelah itu akan berada sehari di Manado lalu bertolak ke Kota Bitung. 

Mengutip pernyataan Wali Kota Manado, Kabag Sonny Takumansang, mengatakan pemerintah dan masyarakat kota bangga karena kapal legendaris itu bisa menjadi pembuka acara bertaraf internasional tahun ini. 

"Wali kota juga memberikan ucapan selamat datang secara langsung kepada KRI dewa Ruci beserta para awaknya dengan berlayar menuju ke kapal dan turun menemui para awak di kapal yang pernah menjadi kapal latih bagi para taruna angkatan laut itu," katanya. 

Nantinya KRI Dewaruci kata Sony akan bertolak ke Kota Bitung pada 28 Juli sebab memang kapal tersebut tidak lagi digunakan an-an telah dijadikan museum sekaligus tempat belajar bagi para siswa siswi yang mau mengetahui tentang perkembangan negara ini

Selain wali kota bersama rombongan sejumlah legislator Kota Manado pun menyempatkan diri naik ke RI Dewaruci dan berbicara dengan para awak serta menyampaikan kebanggaan terhadap kapal legenda milik Indonesia itu. 

"Kami bangga karena bisa ikut naik ke atas kapal legenda ini dan tentu berterima kasih kepada para kru kapal dan KRI Dewaruci yang mau menjadi salah satu peserta parade pada upacara pembukaan Manado Fiesta semoga ini juga membawa kesuksesan bagi pelaksanaan Manado Fiesta 2019,"  kata Anita deBlouwe. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024