Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado menggelar Latihan Dalam Dinas (LDD) Administrasi Personel (Minpers) dalam upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta melalui Kadisminpers Letkol Laut (KH) Franky F.D. Suoth, di Manado, Kamis, mengatakan kegiatan LDD Minpers merupakan wujud dari upaya untuk membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Lantamal VIII.

"Dengan tujuan mempersiapkan tenaga administrasi yang profesional di bidang administrasi personel yang berkaitan dengan hak dan kewajiban personel di Lantamal VIII," katanya.

Ia mengatakan administrasi personel adalah administrasi dalam bidang kepegawaian yaitu administrasi atau manajemen yang menangani masalah kepegawaian dalam suatu instansi.

Administrasi personel pada dasarnya adalah proses yang paling dasar dalam pengumpulan informasi yang berhubungan dengan sistem kepegawaian.

Dalam hal ini dilakukan pengumpulan informasi yang berhubungan dengan kelengkapan atau pelengkapan dari proses administrasi umum yang berhubungan dengan setiap personel.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program peningkatan profesionalisme matra laut yang harus dilaksanakan setiap saat, dan sepanjang tahun secara bertingakt dan berlanjut walaupun sifatnya klasikal.

"Untuk itu kepada penyelenggara latihan agar seluruh rangkaian pelaksanaan latihan dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yang benar," katanya.

Ia menambahkan jangan abaikan sasaran latihan dan metode latihan.


LDD Minpers yang diikuti sebanyak 15 peserta dari perwakilan satuan kerja (Satker) Mako Lantamal VIII .

Sejumlah materi akan diperoleh peserta seperti ini tentang jam komandan, pembinaan personel, pelayanan personel, penempatan dalam jabatan, kesejahteraan personel, kepangkatan, pemisahan/pensiun, Bintal tradisi kejuangan, idiologi, kerohanian dan olah raga militer serta evaluasi.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024