Tahuna (ANTARA) - Kepala dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Tadjudin Sainkadir mengatakan, pemerintah tahun 2019 ini menyiapkan puluhan miliar untuk membiayai iuran kesehatan di Sangihe.

"Pemerintah telah menganggarkan puluhan miliar untuk membayar iuran kesehatan masyarakat di Sangihe," kata Tadjudin Sainkadir di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, dana pembayaran iuran jaminan kesehatan terdiri dari jaminan kesehatan untuk 50.350 peserta yang dibiayai dari APBN dan BPJS kesehatan sebanyak 50.350 peserta yang dibiayai oleh APBD Kabupaten Sangihe.

"Pemerintah pusat membiayai iuran JKN sebanyak Rp 13,8 miliar dan pemerintah Kabupaten Sangihe menyiapkan Rp 13,8 miliar untuk membayar iuran BPJS kesehatan," kata dia.

Dia mengatakan, sampai dengan saat ini sudah ada 100.700 peserta jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah.

"Pemerintah membayar iuran jaminan kesehatan bagi 100.700 peserta yang ada di Sangihe," kata dia.

Setiap peserta jaminan kesehatan mendapat fasilitas kelas tiga dengan besaran iuran setiap bulan Rp23 ribu.

Dengan demikian kata dia, dari 140 ribu lebih penduduk Sangihe, sebagian besar jaminan kesehatan mereka sudah dibayar pemerintah.

"Sebagian besar iuran jaminan kesehatan masyarakat di Sangihe dibayar pemerintah sedangkan lainnya merupakan peserta BPJS mandiri dan peserta Askes selaku aparatur sipil negara," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024