Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), melaui Dinas Pendidikan mewajibkan setiap sekolah di Mitra untuk mendukung program sekolah sehat.
"Perwujudan sekolah sehat ini akan mampu menghadirkan suasana sekolah yang nyaman bagi siswa dalam proses belajar mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan Ascke Benu, di Ratahan, Senin.
Ia menuturkan, program tersebut menjadi kewajiban bagi sekolah untuk memberikan kenyamanan kepada para siswa.
"Tentunya sesuai dengan nama sekolah sehat maka kesehatan siswa diutamakan. Ini penting dalam proses menciptakan generasi mudah yang sehat dan cerdas," jelasnya.
Dia menyebutkan, perlu kesadaran, dukungan, dan kerjasama dari setiap sekolah di Mitra terkait pentingnya perwujudan sekolah sehat ini dan para kepala sekolah diharapkan dapat menindaklanjuti hal ini.
"Ada beberapa poin indikator untuk mewujudkan suatu sekolah menjadi sekolah sehat. Terkait hal ini, pihak sekolah silahkan berinovasi dan berkoordinasi dengan intansi kesehatan, baik itu ijin dan lainnya," jelasnya.
Selain itu, dia meminta semua lapisan masyarakat untuk mendukung program sekolah sehat tersebut.
"Agar apa yang menjadi program pemerintah dibawah kepemimipin Pak James Sumendap ini, dapat berjalan dengan baik jika didukung masyarakat," tandasnya.
Diketahui indikator sekolah sehat, yakni, ruangan unit kesehatan sekolah (UKS) minimal seluas 1,7 meter persegi, tingkat kebisingan rendah, dilengkapi lapangan dan aula olahraga.
Selain itu memiliki lingkungan yang asri seperti taman, tersedia air bersih, sirkulasi udara kelas yang sehat, cahaya kelas yang memadai, kantin sekolah yang higienis, toilet untuk laki-laki dan perempuan yang bersih, dan merupakan kawasan bebas rokok.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024