Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Vecky Monigir, mengimbau masyarakat agar tidak melaut pada kondisi cuaca buruk.
"Kondisi cuaca buruk di Laut Maluku termasuk di perairan Mitra. Untuk itu, saya minta untuk lebih berhati-hati bagi masyarakat nelayan di Kecamatan Belang, Pusomaen dan Ratatotok, jika perlu tak usah melaut dulu," kata Vecky di Ratahan.
Ia mengungkapkan saat ini terjadi angin kencang, dan gelombang tinggi di sekitar perairan yang menanjak tempat para nelayan Mitra menangkap ikan.
"Harus hati-hati, saat ini kondisi anginnya serta gelombang sangat membahayakan bagi para nelayan," ujarnya.
Ia menyarankan agar para nelayan tersebut untuk mencari ikan daerah dekat pesisir, tanpa harus ke arah Laut Maluku.
"Atau lebih baik para nelayan mencari pekerjaan lain di darat dari pada  mengambil resiko yang mengancam keselamatan. Apa lagi kalau cuma kapal yang hanya mesin 2 sampai 5 GT lebih baik jangan melaut," jelasnya.
Dia pun mengakui, dalam satu minggu terakhir para nelayan mengalami  penurunan dari hasil tangkapan, akibat cuaca buruk.
"Hasil tangkap nelayan terjadi penurunan dalam sepekan terakhir. Ini diakibatkan karena cuaca buruk ditandai angin kencang. Penurunan hasil tangkap ini mempengaruhi harga ikan dan ini dirasakan oleh masyarakat," tandasnya.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024