Manado (ANTARA) - Wakil ketua I DPRD Manado, dr. Richard Sualang mengatakan, lembaga perwakilan rakyat mendorong dan mendukung pemerintah kota (Pemkot) untuk menarik banyak minat  investor Eropa Barat ke Manado. 

"Kehadiran kami bersama dengan rombongan yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Mor Bastian di Italia, menjadi bukti dukungan politis bagi pemerintah untuk menarik investor dan meningkatkan pasar wisatawan mancanegara khusus Eropa Barat di Manado," kara Ichad sapaan akrabnya di Manado, Jumat. 

Ichad mengatakan, saat ini pasar investasi maupun wisatawan mancanegara di Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya masih didominasi oleh Asia Tenggara dan Asia Timur, khususnya Cina, sehingga pihaknya mendorong pemerintah menggaet dari Eropa lebih banyak. 

Harus diakui, kata Ketua DPC PDIP Manado itu,  cukup banyak wisatawan Indonesia yang mengunjungi benua Eropa, sehingga sudah seharusnya diseimbangkan. 

"Apakah jumlah wisatawan Eropa Barat banyak di Indonesia, jawabanya iya, tetapi itu mungkin ke Bali maupun Jogjakarta, karena itu kami mendorong supaya bisa digaet ke Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya," katanya. 

Sebab itu dia mengatakan, pemerintah Manado harus bisa memanfaatkan cara cara positif untuk mempromosikan potensi investasi dan pariwisata termasuk semua potensi yang ada, diantaranya dengan menggandeng diaspora Indonesia di Eropa Barat serta KBRI. 

Dalam semua acara promosi yang dibuat oleh KBRI, kata Ichad, yang berkaitan dengan ekonomi dan pariwisata, sebisanya diikuti, sehingga akan menarik banyak investasi maupun wisatawan. 

Dengan demikian katanya,  maka tujuan untuk menjual Manado keluar dan menggaet investor dan wisatawan yang akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024