Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap mengaku bangga kepada Hizkia Kangi, siswa SMP Posumaen yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN).
"Ini kebanggaan sekaligus apresiasi yang tinggi secara pribadi dan segenap jajaran Pemkab Mitra berikan dengan ucapan syukur atas prestasi ini," kata James, di Ratahan, Selasa.
Ia meminta seluruh pihak terkait agar mempersiapkan berbagai keperluan bagi siswa tersebut, untuk menghadapi pelaksanaan OSN termasuk terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.
"Pesan saya agar tetap belajar dengan baik sebab adik kita ini akan membawa harum nama Mitra dikancah Nasional bahkan Internasional melalui bidang pendidikan," katanya
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Djelly Waruis mengatakan, Mitra sebagai salah satu perwakilan Sulut dalam ajang OSN di Yogjakarta awal pekan depan. “Kangki, salah satu siswa terbaik di Sulut di bidang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) bersama dua rekannya dari Manado dan Bolmut (Bolaang Mongondow Utara), selanjutnya Kangki menjadi perutusan Sulut di tingkat nasional. Ini menjadi kali pertama daerah itu memiliki perutusan di tingkat nasional selama berdirinya Mitra” kata Djelly yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Felda Tombokan.
Ia mengungkapkan, terpilihnya Hizkia dikarenakan memiliki nilai terbaik di tingkat kabupaten selanjutnya diutus ditingkat provinsi karena mendapat hasil yang baik.
Ditambahkan Felda, hasil seleksi diberikan oleh pihak pemerintah pusat dan selanjutnya ditetapkan SK bagi mereka yang lolos. 
Lebih lanjut, siswa didik siswa didik ini menjadi salah satu dari 3 siswa yang dipilih, serta akan mengikuti tes yang sama di Jogjakarta bersama 136 siswa Se-Indonesia.
"Hasil dari seleksi tingkat nasional itu nantinya akan menjadi perutusan negara ke tingkat dunia," jelasnya.
Sebelum keberangkatan siswa didik ini, menurut Felda akan dilakukan pendampingan terlebih dahulu dari pihak Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Dinas Pendidikan Provinsi Sulut dan Dinas Pendidikan Mitra.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024