Manado (ANTARA) - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo (Suluttenggo) terus meningkatkan penjualan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi (PE) di daerah tersebut.

"PLN UIW Suluttenggo berhasil tingkatkan penjualan sebesar 2,81 persen di triwulan 1 tahun 2019, dan memberikan dampak pada ekonomi daerah," kata General Manager PLN UIW Suluttenggo, Christyono di Manado, Selasa.

Dia mengatakan tingginya penjualan tenaga listrik menjadi tolak ukur sebuah tumbuhnya perekonomian dan pembangunan di sebuah daerah. Hal ini dapat dilihat dari realisasi pertumbuhan penjualan tenaga listrik di wilayah kerja PT PLN (Persero) UIW Suluttenggo yang meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

“Pertumbuhan penjualan tenaga listrik dalam kurun waktu 3 tahun ini terus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 6,5 persen. Hal ini tidak lepas dari upaya PLN untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan listrik dan meningkatkan kinerja operasi”, ujar Christyono.

Christyono menjelaskan pada tahun 2016 penjualan tenaga listrik PLN UIW Suluttenggo mencapai 2.883,16 GWh (Giga Watt hour). Penjualan ini bertambah di tahun 2017 sebesar 3.073,79 GWh atau tumbuh sebesar 6,59 persen. Dan di tahun 2018 mencapai 3.277,58 GWh atau meningkat sebesar 6,63 persen.

Pada akhir bulan Mei tahun 2019 ini, penjualan tenaga listrik PLN UIW Suluttenggo telah mencapai 1.385,07 GWh atau tumbuh sebesar 2,81 persen dari tahun 2018, dan di targetkan untuk peningkatan penjualan hingga bulan Desember tahun 2019 ini dapat mencapai 3.598,87 GWh.

“Bencana alam gempa Bumi di Palu, Sulawesi Tengah, yang terjadi pada September tahun lalu memberikan dampak pada pertumbuhan penjualan tenaga listrik saat ini. Terbukti dengan pertumbuhan yang kurang begitu signifikan dibanding pada semester 1 di tahun-tahun sebelumnya," kata Christyono.

Diharapkan dengan menggeliatnya pertumbuhan sektor Pariwisata dan Industri di sejumlah daerah Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah dan Gorontalo terutama dengan adanya program Kawasan Ekonomi Kreatif, dapat meningkatkan konsumsi tenaga listrik.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024