Manado (ANTARA) -
Kuda pacu dari Pordasi Sulawesi Utara meraih juara pada kejuaraan pacuan kuda tingkat Paku Alam Cup tahun 2019 yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Bantul, Yogyakarta.
"Pada kejuaraan itu, kuda Elektra dan Pariwangi dari Sulut meraih juara pertama dan kedua di kelas C jarak 1.600 meter," kata Ketua Umum Pengurus Provinsi Pordasi Sulut Ferry Wowor melalui Sekretaris I Cris Sindakh, di Manado, Senin.
Pada kejuaraan yang digelar di Bantul,  Yogyakarta, Minggu (23/6),  di kelas tersebut  kuda pacu "Elektra" milik Gubernur Sulut Olly Dondokambey dengan  joki  F Paendong serta pelatih Rudi Ratu yang distarting gate berada di gate kedua, sejak dari star langsung memimpin di depan hingga finis.
Kuda Elektra  meninggalkan lawan-lawannya jauh dibelakang   seperti kuda pacu  Pariwangi dengan joki  Y Sondakh dari Aryo Mulyo Stable/Sulut peraih juara kedua dan  Lady Adira G4 dengan joki  N Septian dari Pikatan Stable/Yogyakarta yang meraih juara ketiga.
Ia mengatakan keberhasilan tim Sulut di kejuaraan pacuan kuda Paku Alam Cup 2019 ini, merupakan wujud dari pembinaan yang dilaksanakan selama ini.
"Selaku pengurus Pordasi Sulut tentunya sangat bangga atas  keberhasilan yang diraih di kejuaraan ini. Karena hasil ini merupakan wujud dari pembinaan olahraga berkuda yang dilaksanakan selama ini," katanya.
 Kejuaraan pacuan kuda Paku Alam Cup merupakan arena pemanasan bagi tim Pordasi se Indonesia dalam menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pacuan Kuda Seri I di Salatiga juli nanti.
Kejuaraan ini juga dipakai sebagai pemanasan Tim Sulut sebelum berlaga di Kejurnas.
Sebelumnya juga, Pordasi Sulut telah mengikuti  kejuaraan Pacuan Kuda Piala Tiga Mahkota dengan meraih prestasi menggembirakan.
"Dengan raihan prestasi Pordasi Sulut dalam pemanasan di kejuaraan pacuan kuda Piala Tiga Mahkota lalu dan Paku Alam Cup ini, membuat peluang untuk meraih juara umum di Kejurnas Pacuan Kuda Seri I, terbuka," katanya.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024