Manado (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M Roeskanedi mengatakan meminta organisasi Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) menjadi pilar penyangga bagi lembaga Kejaksaan.

"Ini dikarenakan PJI sejak awal dicetuskan dan didirikan telah dilengkapi dengan aturan-aturan yang secara prinsip syarat dengan muatan nilai-nilai kepatuhan tentang sikap, etika, moral, disiplin diri, profesionalitas dan integritas untuk diaktualisasikan oleh segenap anggotanya," kata Roeskanedi pada peringatan HUT ke-26 PJI, di Manado, Senin.

Ia mengatakan peringatan HUT PJI mengambil tema “Kokohkan solidaritas untuk pelayanan terbaik bagi negeri” cukup relevan dengan kehendak mendorong semangat dan kesadaran untuk mempersembahkan karya terbaik terutama dalam mewujudkan supremasi hukum guna mendukung kemajuan bangsa.

Dengan demikian, tidak ada pilihan lain bagi PJI beserta segenap anggotanya dari saat ke saat secara konsisten dan berkelanjutan, perlu memantapkan tekad, mengerahkan seluruh potensi dan sumber daya organisasi yang dimilikinya, untuk berbuat apa yang terbaik yang dapat dilakukan demi menjaga dan mendukung eksistensi lembaga Kejaksaan RI tempat pengabdian bagi para anggotanya.

Agar menjadi semakin baik, kuat dan terhormat karena kinerja dan prestasinya yang membanggakan.
Ia mengatakan keberadaan PJI diharapkan mampu mendorong meningkatkan kapasitas para Jaksa anggotanya menjadi penegak hukum yang di dalam mengemban tugas dan kewenangannya selalu mengutamakan integritas, kompetensi dan kapabilitas.

Selain perlunya pula dilakukan secara terus menerus upaya pengayaan pengetahuan dan wawasan untuk melengkapi kemampuan dan profesionalitas dirinya.

Berharap besar kepada segenap anggota PJI, agar dalam mengemban tugas, fungsi dan kapasitasnya masing-masing selalu dapat menampilkan dan membuktikan diri sebagai Insan Adhyaksa yang baik, teruji, terpuji, dan mumpuni.

Serta mampu membuat Lembaga Kejaksaan RI menjadi sebuah institusi penegak hukum yang berwibawa, dihargai, diperhitungkan dihormati dan dicintai, sebagai modal utama guna meningkatkan kontribusi, andil dan peran dalam setiap upaya membangun negeri.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024