Manado (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII Manado menggelar pengobatan gratis dan seminar pemberdayaan ekonomi dan kepedulian lingkungan, dalam rangka mendukung pembinaan ketahanan wilayah tahun 2019, di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

"Kegiatan yang dilaksanakan di Kakas, Kabupaten Minahasa ini dihadiri Kadis Potmar Mabesal Brigjen TNI (Mar) Donar Philip Rompas," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal VIII Mayor Laut Yusuf Ali, di Manado, Senin.

Ia mengatakan kedua kegiatan itu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Pada bakti kesehatan itu banyak masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan secara gratis.

"Di mana untuk pelayanan kesehatan poli umum melayani sekitar 311 pasien, poli mata 139 pasien, poli gigi 18 pasien dan pelayanan KB sebanyak 25 orang," katanya.

Ia mengatakan sementara dalam pelaksanaan seminar pemberdayaan ekonomi dan kepedulian lingkungan diikuti sekitar 500 peserta. Dalam kegiatan seminar tersebut menghadirkan moderator Kasi Geomar Subdis Daya Guna Dispotmar Mabesal Letkol Laut (KH) Darmawi Hamid.

Adapun materi-materi yang disampaikan yakni Upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam pengelolaan Danau Tondano oleh Bupati Minahasa Royke O. Roring, materi tentang Kelestarian Lingkungan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulut Marly E. Gumalag.
Serta materi Proses produksi pakan ternak berbahan eceng gondok oleh Agus Agani dari PT. Raja Ampat Indotim.

Hadir juga dalam kegiatan itu Danlantamal VIII Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, Wadan Lantamal Kolonel Marinir Edi Juardi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Katim Satgas Kolonel Laut (KH) Jhoni Siahaan, Ketua DPRD Minahasa James Rawung, Ketua Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Minahasa Kolonel (Purn) Boyke Kambey, Forkopimda.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024