Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara diharapkan dapat memaksimalkan prestasi olahraga di daerah, dengan adanya peran dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).
"Pemkab, melalui instansi terkait harus hadir dan aktif dalam pengembangan serta prestasi olahraga di daerah," kata Ketua LSM Gema Mitra Vidy Ngantung di Ratahan, Senin.
Dia mengakui, prestasi olahraga di Mitra masih perlu diperhatikan untuk terus dikembangkan khususnya bagi para atlet muda.
"Memang harus diakui untuk sejumlah cabang olahraga (cabor) yang ada di Kabupaten Mitra tak ada yang prestasinya mencolok. Sehingga pengembangan atlet di cabor manapun seperti tak jalan," katanya.
Ia pun mempertanyakan kinerja Dispora, khususnya terkait dengan adanya atlit yang berprestasi kebanyakan dicetak pihak sekolah. "Dengan kurangnya prestasi, harus instansi terkait berinisiatif untuk terus menggairahkan olahraga khususnya bagi generasi muda," jelasnya.
Menanggapi hal tersebut, Kepala Dispora Kabupaten Mitra Boyke Akay menyatakan peran pemerintah untuk pembinaan atlet sudah maksimal.
Menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan kegiatan ajang Porkab hingga Porprov, untuk pembinaan bagi para atlet muda Mitra.
 "Untuk pemerintah sudah maksimal. Tinggal pengurus cabor yang wajib proaktif, terutama dalam menyiapkan atlet-atlet," jelasnya. 
Selain itu, bukti lain komitmen pemerintah dalam memajukan olahraga yakni, dengan melakukan pembangunan sejumlah sarana.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024