Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Tenggara (Mitra) akan menyiapkan relawan bencana yang bertugas di setiap desa. 
"Saat dalam masa persiapan pembentukan para masyarakat yang akan dijadikan sebagai relawan bencana di sejumlah desa," ujar Kabid Penanggulangan Bencana BPBD Mitra Erick Manaroinsong, di Ratahan, Sabtu/
Dijelaskannya, para relawan yang direkrut tersebut nantinya akan ditentukan melalui kategori atau ancaman di desa-desa. 
"Kami masih memetakan kategori bencana yang mengancam tiap desa, seperti banjir, longsor, erupsi gunung, atau ancaman gelombang tinggi dari laut di masing-masing desa," katanya.
Erick menambahkan, setelah merekrut relawan, pihaknya akan memberikan pelatihan tanggap dan penanggulangan setelah bencana terjadi. 
"Nantinya ada pelatihan khusus kepada para relawan seperti SAR dan lainnya sehingga benar siap ketika menghadapi bencana," ujarnya. 
Selain itu kata Erick ketika relawan tersebut dibentuk dan telah diberikan pelatihan maka setiap desa akan berstatus desa siaga bencana.
"Desa yang sudah punya relawan nantinya akan dikategorikan desa siaga bencana, atau sudah bisa secara mandiri melakukan penanganan setelah bencana," tandasnya. ***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024