Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP),  melaksanakan berbagai program dalam rangka peningkatan kesejahteraan nelayan.
"Saat ini banyak program  disiapkan pemerintah dalam upaya peningkatan kesejahteraan bagi nelayan, diantaranya  program bantuan guna meningkatkan hasil tangkap, " kata Kepala DKP Mitra Vecky Monigir di Ratahan.
"Bantuan seperti kapal, dan peralatan tangkap diberikan kepada para nelayan dalam rangka peningkatan hasil tangkapan mereka," katanya.
Ia menuturkan, dengan adanya bantuan tersebut diharapkan peningkatan hasil tangkapan nelayan akan berdampak pada pendapat keluarga.
"Jika hasil tangkapan mereka bertambah, itu tentunya akan meningkatkan pendapatan ekonomi bagi para keluarga nelayan," ujarnya.
Selain itu program pemberdayaan juga diberikan pemerintah bagi para nelayan untuk memaksimalkan potensi yang ada di sekitar pesisir pantai.
Bantuan sosial juga diberikan bagi para nelayan yang masuk kategori kurang mampu, seperti jaminan kesehatan gratis, pendidikan gratis bagi anak-anak.
Menjamin keselamatan, pemerintah juga menyiapkan asuransi bagi para nelayan khususnya pada saat mereka melaut.
"Ada juga asuransi bagi para nelayan bagi pemerintah. Ini merupakan upaya pemerintah menjamin para nelayan," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024