Manado (ANTARA) - Ratusan personel Polres Minahasa dan Polsek jajaran diturunkan dalam pengamanan Lebaran Ketupat, di Kampung Jawa Tondano (Jaton) Minahasa, Rabu.

"Setiap anggota harus bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan," kata Kabagops Polres Minahasa Kompol Yuriko Fernanda.

Lebaran Ketupat di Kampung Jaton yang dirayakan tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri, selalu dikunjungi ribuan warga, baik dari Minahasa maupun daerah lainnya di Sulawesi Utara.

Banyaknya pengunjung tersebut, berpotensi menimbulkan kemacetan arus lalulintas.

"Untuk mengantisipasinya, meminta personel Satlantas untuk fokus mengatur parkiran sehingga dapat meminimalisir kemacetan," katanya. Sedangkan personel lainnya tetap berjaga di masing-masing pos pengamanan yang telah ditentukan.

Sebelumnya Satlantas Polres Minahasa dalam mengantisipasi kemacetan pada Lebaran Ketupat telah melaksanakan rapat internal pada Selasa (11/6).

Rapat dipimpin Kasat Lantas AKP Andrew Kilapong membahas tentang kesiapan personel khususnya Lantas dalam mengantisipasi kemacetan yang muncul akibat padatnya pengunjung atau tamu yang datang.

Saat Lebaran Ketupat, Kampung Jaton merupakan salah satu lokasi yang akan dipadati warga, baik warga sekitar Minahasa maupun dari luar Kabupaten Minahasa.

"Hal yang kami fokuskan adalah soal antisipasi kemacetan serta rekayasa lalu lintas,” kata Kilapong.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024