Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Bupati Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, James Sumendap meminta masyarakat di kabupaten tersebut cepat melaporkan jika ada aktivitas gerakan yang mengarah ke radikalisme di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Saya minta masyarakat  tanggap melihat kondisi di lingkungannya, jika ada indikasi gerakan radikalisme, segera laporkan, " kata Bupati Sumendap di Ratahan, Minggu.

Menurutnya, masyarakat harus menjadi garda terdepan untuk menangkal setiap aktivitas yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan, khususnya di Minahasa Tenggara.

"Ini harus menjadi kesadaran kita bersama dalam menangkal setiap aktivitas radikalisme di masyarakat," ujarnya.

Sumendap mengharapkan  peran  perangkat  desa dan kelurahan untuk cepat menanggapi setiap aktivitas dari kelompok penyebar radikalisme di wilayahnya masing-masing.

"Ini menjadi tanggung jawab dari pemerintah desa untuk membuat  laporan dan kemudian ditindaklanjuti  pemerintah kecamatan   dengan tentunya berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI," jelasnya.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan sebagai bentuk perlawanan terhadap gerakan pemecah belah.

"Sebagai sesama anak bangsa mari kita rawat kondisi keamanan dan kedamaian yang sudah terjaga sampai saat ini, dan tidak terpecah belah oleh kelompok tertentu," tandas Bupati Sumendap.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024