Manado (ANTARA) - Pembangunan jembatan di ruas jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) dirancang tahan gempa, kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung 01, Yanuar Chalik.

"Kota Manado termasuk salah satu daerah rawan gempa, konstruksi jembatannya sudah dirancang tahan gempa," sebut Yanuar di Manado, Selasa.

Dia menyebutkan untuk desain jembatan di paket tol Manado-Bitung segmen 0-7 kilometer telah mendapatkan kajian dari tim Komite Keamanan Jembatan Terowongan Jalan (KKJTJ).

"Desainnya untuk mengantisipasi gempa 100 tahun dan harapannya desain struktur yang kami bangun sudah mampu antisipasi terjadinya gempa-gempa di wilayah Kota Manado," ujarnya.

Ketahanan keamanan konstruksi jembatan, sebut Yanuar bisa di atas 7,0 Skala Richter.

Kontruksi jembatan yang dibangun di segmen 0-7 kilometer tersebut ada yang dikategorikan khusus, karena selain panjang 420 meter, di pilar 4,5 dan 6, ketinggiannya mencapai 40 meter lebih.

"Karena itu disebut sebagai jembatan khusus, ketinggian tiang penyanggah jembatan ada yang mencapai 42 meter sehingga harus mendapatkan review dari KKJTJ," jelasnya.

 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024