Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) diminta menggaet pihak swasta dalam pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.
"Kami minta Pemkab lebih aktif untuk pengembangan sektor pariwisata di Minahasa Tenggara, dengan melibatkan pihak swasta," kata pemerhati pariwisata Mitra Mario Lontaan, di Ratahan, Sabtu.
Menurutnya dengan adanya keterlibatan pihak swasta, sektor pariwisata di daerah tersebut dapat lebih bergairah khususnya dalam meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.
"Misalnya kerja sama dengan agen-agen perjalanan pariwisata. Objek wisata di Minahasa Tenggara bisa menjadi destinasi yang dikunjungi dalam paket perjalanan," katanya.
Selain itu penyediaan fasilitas seperti perhotelan, dan sarana lainnya bisa mengajak pihak swasta untuk berinvestasi.
"Setidaknya di Minahasa Tenggara mempunyai potensi pariwisata yang luar biasa, dan layak untuk dijual kepada para wisatawan," jelasnya.
Ia menambahkan, selain itu , sejumlah infrastruktur dasar yang sudah dibangun Pemkab akan sangat mendukung sektor pariwisata di Mitra.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mitra, Desthen Katiandagho mengatakan, pihaknya terbuka jika ada pihak swasta yang tertarik terlibat dalam sektor pariwisata.
"Sejauh ini sudah ada pihak swasta yang tertarik untuk melakukan investasi di sektor pariwisata. Tapi memang ini perlu kajian yang matang sebelum mereka berinvestasi," katanya.
Ia pun berharap ke depan objek-objek wisata di Mitra dapat lebih dikenal sampai mancanegara untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan.***1***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024