Manado (ANTARA) - Tim gorong-gorong  di Kecamatan Paal Dua, Kota Manado,  yang dipimpin  Camat Glen Kowaas, SH, MH,  setiap harinya membersihkan gorong-gorong di wilayah tersebut.

Camat Glen Kowaas, di Manado, Rabu,  mengatakan sekarang memiliki lebih tim khusus untuk membersihkan gorong-gorong yang selalu tertutup dengan sedimen tanah serta gulma yang tumbuh cepat, sehingga drainase bisa berfungsi dengan normal.

Kepala Seksie Kebersihan Kecamatan Paal Dua, Deky Foke, mengatakan, tim khusus yang membersihkan gorong-gorong bekerja sigap setiap waktu, dimana mereka tidak segan-segan menyelam di air got yang berwarna hitam pekat untuk bersih-bersih.   "Salah satunya adalah Jofly Wedi (21) dari Ranomuut, yang kerjanya masuk-masuk selokan bahkan menyelam di air kotor yang hitam pekan bercampur lumpur mengangkat endapan tanah, lumpur dan pasir di situ," kata Deky.

Deky mengatakan, bahkan begitu ada laporan dari cerdas command centre, tim gorong-gorong langsung menuju titik yang dimaksud dan melakukan pembersihan, sehingga langsung bersih dalam waktu singkat.

Di sisi lain, baik Camat Glen Kowaas maupun Deky Foke, mengatakan tim gorong-gorong itu, diberikan gaji yang layak, juga mendapatkan jaminan kesehatan karena dapat jaminan KIS.

"Kami terus melakukan kajian untuk memberikan jaminan kepada tim gorong-gorong yang tugasnya mulia, karena menjaga kebersihan, termasuk membersihkan selokan yang jarang mau dilakukan orang lain," katanya.*** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024