Manado (ANTARA) -  Sekretaris daerah kota (Sekdakot) Manado, Micler Lakat, SH, mengatakan, pihaknya masih menunggu review dari BPK mengenai temuan-temuan anggaran dalam LKPD 2018. 

"Jadi saat ini BPK memang sudah menyelesaikan pemeriksaan terhadap pemerintah kota maupun sekretariat DPRD Manado, tetapi saat ini kami masih menunggu hasil review-nya," kata Lakat, di Manado, Senin. 

Mengenai dugaan temuan terutama yang berkaitan dengan anggaran, Lakat mengatakan, pihaknya masih menunggu LHP diserahkan oleh BPK, meskipun memang saat ini terus berkonsultasi dengan auditor pemerintah itu. 

Diapun mengatakan, berapa besaran jumlah dugaan temuan yang muncul dari hasil pemeriksaan BPK, masih belum disebutkan, karena itu pihaknya berkoordinasi untuk memastikan berapa saja yang diduga menyimpang. 

"Termasuk temuan di Sekretariat DPRD, juga saya pimpinan dan Sekretaris DPRD berkonsultasi dengan BPK, dan berapa besaran itu belum bisa disebutkan, karena memang LHP belum diserahkan BPK kepada pemerintah," katanya. 

Lakat juga menegaskan, pihaknya menunggu LHP dari BPK baru akan melakukan langkah selanjutnya, seperti TGR atau lainnya karena harus menunggu hitam diatas putih, yakni LHP baru menindaklanjuti semua hasil temuan. 

Sementara sejumlah legislator Manado, seperti Hengky Kawalo, SE, yang dikonfirmasi mengenai dugaan temuan tersebut, mengatakan, belum tahu persisnya seperti apa. 

"Tetapi jika memang ada temuan dan harus ada TGR, tentu saja kami siap mengembalikan, jika memang itu yang diharuskan BPK berdasarkan aturan," katanya. 

Namun Kawalo menegaskan, sampai saat ini masih menunggu hasil LHP dan kejelasan dari sekretariat DPRD, seperti apa temuan itu dan bagaimana solusi yang harus ditempuh, untuk menyelesaikannya. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024