Manado (ANTARA) - Terlahir dengan nama Lucas Rodrigues Moura da Silva lahir pada 13 Agustus 1992 di São Paulo, Brasil,  Lucas Moura adalah seorang pemain sepak bola profesional asal Brasil yang bermain sebagai pemain sayap kanan untuk klub sepak bola Inggris saat ini, Tottenham Hotspur.

Lucas bergabung Sao Paulo pada 2005 setelah bermain untuk tim muda Juventus dan Corinthians. Lucas melakukan debut dengan tim utama Sao Paulo pada 2010, mencetak 4 gol dan menyumbang assist 4 dalam 25 penampilan. Pada tahun 2011, Lucas mencetak 9 gol dan menyumbang assist 4 di 28 penampilan di Campeonato Brasileiro dan 13 gol dan 8 assist di semua kompetisi.

Pada tanggal 8 Agustus 2012 Paris Saint-Germain mengumumkan bahwa Lucas akan bergabung pada bulan Januari 2013 dan menjadi pemain termahal di PSG. Transfer tersebut diperkirakan sekitar 45 juta Euro.

Lucas adalah anggota reguler U-20 internasional Brasil. Pada bulan Februari 2011, Lucas terlibat untuk Brasil di Kejuaraan U-20 Amerika Selatan dimana ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-0 atas Uruguay di final. Lucas membuat debut seniornya internasionalnya untuk Brazil dalam pertandingan persahabatan melawan Skotlandia pada 27 Maret 2011. Pada tanggal 28 September 2011, Lucas mencetak gol internasional pertamanya senior untuk Brasil melawan Argentina.

Lucas terpanggil dalam skuat Mano Menezes untuk Copa America 2011 di Argentina. Lucas muncul dalam pertandingan penyisihan grup melawan Paraguay dan Ekuador sebagai pengganti babak kedua pada kedua kesempatan. Lucas tidak terlibat dalam penalti Brasil untuk mengalahkan Paraguay di perempat.

Lucas terpilih untuk memperkuat Timnas sepak bola Olimpiade Brasil di ajang Olimpiade 2012 Musim Panas London bersama dengan rekan tim klub Casemiro dan Bruno Uvini.

Penyerang sayap asal Brasil, Lucas Moura, resmi meninggalkan klubnya, Paris Saint-Germain. Pemain 25 tahun tersebut memutuskan untuk bergabung dengan tim papan atas Premier League, Tottenham Hotspur.

Lucas didatangkan dengan biaya 25 juta pound, dan akan berada di White Hart Lane hingga tahun 2023 mendatang. 

Sepanjang kariernya bersama PSG, Lucas sudah tampil di 229 laga, dengan torehan 46 gol dan 50 assist. Dia juga berperan dalam membawa tim ibukota Prancis tersebut memenangkan empat gelar Ligue 1 dan empat gelar Coupe de France.

Dalam pertandingan semifinal kontra Ajax Amsterdam,  Lucas Moura mencetak tiga gol dengan pada menit ke 55, 59 dan 90+6, dan menghantarkan Tottenham ke final berhadapan dengan Liverpool  di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid Spanyol Sabtu, 2 Juni 2019 mendatang,



 

Pewarta : Guido Merung
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024