Manado (ANTARA) - Pasangan Capres dan Cawapres nomor urut satu, Joko Widodo-Ma'aruf Amin, mengungguli perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, di tiga kecamatan hingga hari kedua pleno rekapitulasi KPU Manado. 

"Masuk hari kedua penghitungan suara KPU, tiga kecamatan sudah menyelesaikan penghitungan dan pasangan urut satu mengumpulkan 28.878 suara  dan urut dua sebanyak 6.935," kata Ketua  Ketua KPU Manado, Sunday Rompas, di Manado, Kamis.  PPK Kecamatan Bunaken, menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di KPU Manado pada hari kedua. (jo) (1)
Dia menyebutkan, ketiga kecamatan yang  sudah menyelesaikan perhitungan itu adalah Bunaken Kepulauan, Bunaken Darat dan Tikala, dan telah disetujui oleh saksi maupun Bawaslu. 

Sunday mengatakan, untuk kecamatan Bunaken, Joko Widodo-Ma'aruf Amin mengumpulkan suara 3.593, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno 486, kemudian di Bunaken Darat, urut satu sebanyak 11.336 dan dua 2.276. 

"Sedangkan di Kecamatan Tikala, urut satu mendapatkan suara sebanyak 13.949 dan urut dua 3.773, dimana di ketiga wilayah ini, ada juga surat suara yang tidak sah dan rusak disebabkan salah coblos atau pemilih meminta penggantian," katanya.  Pleno rekapitulasi penghitungan suara di KPU Manado pada hari kedua yang diawasi Bawasli dan dikawal Polisi dan TNI AD. (jo) (1)
Sementara Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda mengatakan, sejak hari pertama penghitungan suara, pihaknya melakukan pengawasan ketat, untuk memastikan semua berjalan lancar. 

"Jika ada yang interupsi kami ingatkan PPK dan KPU mengulang dan memperbaiki, sehingga tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari, dan sejauh ini semuanya masih lancar-lancar," katanya.    
Dalam penghitungan suara tersebut, aparat keamanan dari kepolisian dipimpin oleh Kapolresta Manado, Kombes Pol. Benny Bawensel, maupun TNI AD dari Kodim 1309/Manado melakukan pengamanan, untuk memberikan kenyamanan kepada para penyelenggara. 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024