Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang berpeluang terjadi di sejumlah wilayah hingga sore hari ini.

"Waspadai potensi terjadinya hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama.

Cuaca ekstrem berpeluang terjadi di wilayah Kota Bitung (seluruh wilayah), Kota Tomohon (bagian selatan), Kota Manado (bagian utara), dan Kabupaten Minahasa (bagian selatan dan barat).

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa Utara (bagian utara dan timur), Kabupaten Minahasa Tenggara (bagian utara dan timur), serta Kabupaten Minahasa Selatan (bagian utara).

Dapat juga meluas ke wilayah Kabupaten Minahasa Utara (bagian barat), Kabupaten Minahasa Tenggara (bagian selatan dan barat), serta Kabupaten Minahasa Selatan (bagian selatan dan barat).

Begitupun Kabupaten Bolaang Mongondow (bagian utara), Kabupaten Bolaang Mongondow (bagian utara), serta Kabupaten Bolaang Mongondow (bagian timur dan selatan).

"Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 16.30 Wita," ujarnya.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini gelombang dengan ketinggian 1,25-2,5 meter yang diperkirakan terjadi di sejumlah perairan.

"Ketinggian gelombang seperti ini dapat terjadi di Laut Sulawesi , perairan utara Sulawesi, perairan sekitar Bitung, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud dan
Laut Maluku bagian utara," sebut Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meterologi Kelas II Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror.


 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024