Manado (ANTARA) - Ibis Manado City Center Boulevard kampanyekan Love Food, Not Waste, dalam rangka memperingati hari Planet 21 AccorHotels kepada para pelajar di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (22/4).

Pada kegiatan itu, Ibis mengundang perwakilan siswa-siswi dan guru-guru dari SMK 3 Manado, SMK 1 Manado, SMK 1 Tombariri, SMK 1 Gorontalo, SMK 1 Airmadidi, dan Universitas Katolik De La Salle Manado untuk memberikan arahan mengenai Love Food, Not Waste sekaligus mengajari anak-anak untuk memasak dengan menggunakan bahan yang tidak habis dipakai kemudian mengolahnya menjadi makanan baru khusus kali ini untuk menu sarapan pagi yang baik untuk kesehatan. 
    
Planet 21 merupakan salah satu program dari AccorHotels yang berhubungan dengan ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan hidup Planet kita dengan berbagai hal-hal kecil. 

"Salah satunya yaitu dengan tindakan kami, yaitu mengolah bahan makanan yang tidak habis dipakai dengan membuat makanan yang sehat. Bahan dasar yang kami ambil yaitu Ikan, bagian-bagian ikan yang tidak habis dipakai saat memasak sebelumnya, dihaluskan seperti dicincang kemudian diolah menjadi Patty," jelas General Manager IMCCB, Afif Khairi, di Manado.

Patty ini dibuat dengan ikan yang telah dihaluskan tadi kemudian diolah dan dibentuk pipih atau berbentuk bulat dan disajikan dengan ubi ungu yang mengandung protein dan karbohidrat, kemudian dilengkapi juga dengan sayuran. 

Arther Kalendesang, Executive Sous Chef langsung memberi edukasi serta arahan apa saja resep yang digunakan, bagaimana kita mengolah Patty atau bahan makana yang masih bisa dipakai dan dimanfaatkan kembali sehingga kita bisa menyajikan Healthy Food “Pan Seared Fish Vegetables Skin & Local Cassava”. 

Selain presentasi mengenai cara mengolah makanan ini, kami juga mengajak para peserta untuk mempraktekkan secara langsung mengenai cara pengolahan makanan yang bisa digunakan dengan benar. Acara sangat antusias yang diikuti oleh 40 an Siswa-Siswi bersama guru-guru yang ikut hadir turut memperhatikan bagaimana cara membuat menu ini. 

Setelah selesai memasak, mereka juga diberikan kesempatan untuk mencicipi cita rasa menu tersebut. Para peserta sangat senang karena bisa mendapat pengetahuan yang banyak dan berguna dalam kehidupan sehari-hari.
    
Afif Khairi mengajak kita semua untuk bertanggung jawab terhadap makanan yang kita makan, ambil secukupnya dari pada harus dibuang. 

Sebenarnya program Food Waste ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2017, Sebagian besar kita tidak pernah menyadari, berapa banyak makanan (= sisa makananan) yang kita buang setiap harinya.

"Solusi yang kami lakukan yaitu dengan memberikan arahan kepada tamu-tamu  saat menikmati sarapan pagi dengan tema 'Clean Your Plate', Apa yang kita ambil untuk makan, diharapkan untuk tidak menyisahkannya di atas piring," jelasnya.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024